Sikap
adalah pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atau peristiwa. Hal ini
mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu, sedangkan perilaku adalah
sebuah gerakan yang dapat diamati dari luar.
Hubungan
sikap dan perilaku pada mata pelajaran Perilaku konsumen yang saya pelajari di
smester 5 ini mungkin untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen mempengaruhi
sikap dan perilaku, ataupun sebaliknya sikap dan perilaku mempengaruhi perilaku
konsumen. Daripada bingung kita liat penjelasan dari ahlinya.
1.Dari bujukan hingga komunikasi
Konsumen
adalah kelompok individual (perorangan maupun rumah tangga) yang membeli dan
mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya atau
untuk maksud lain.Keputusan pembelian konsumen untuk membeli atau tidak membeli
merupakan respons perilaku atas stimulan yang diterima konsumen. Model yang
mendasarkan pada arus proses perilaku konsumen ini sering dikenal sebagai model
rangsangan-tanggapan (stimulus-respons model).
Stimulan
yang merupakan masukan proses perilaku dibedakan atas rangsangan pemasaran dari
pemasar dan rangsangan dari lingkungan konsumen itu sendiri. Sedangkan proses
pengambilan keputusan dipengaruhi oleh faktor personal maupun sosial konsumen.
Respons perilaku konsumen dapat dijadikan faktor yang dapat membentuk keputusan
pembelian (yaitu pembelian selanjutnya) atau tidak melakukan pembelian (menolak
produk yang ditawarkan).
Rangsangan
pemasaran dari pemasar yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen
yaitu seluruh kegiatan pemasaran yang meliputi bujukan hingga komunikasi
mengenai produk tertentu yang ditawarkan. Para pemasar dapat melakukan kegiatan
yang dapat dijadikan teknik modifikasi perilaku konsumen. Berbagai teknik
modifikasi yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen adalah melalui
beberapa aspek pemasaran yang meliputi aspek produk, aspek harga, dan aspek
promosi.
2.Teknik modifikasi perilaku
Tehnik-tehnik
modifikasi perilaku dalam perilaku konsumen adalah :
·
Dorongan
Prompting
Yaitu
permintaan untuk melakukan suatu tindakan kepada seseorang
Barangkali
setiap orang yang pernah memesan makanan di restoran fast-food pernah menjumpai
dorongan.
Seperti
: `Anda mau mencoba Ice cream dan Cheese kami yang baru?``Anda mau pesan
kentang goreng?`
·
Teknik
Banyak Permintaan (Many asking)
Yaitu
mengajukan beberapa permintaan kepada konsumen dengan mengawalinya dari
permintaan yang kecil lalu ke permintaan yang lebih besar. Atau sebaliknya,
diawali dari permintaan besar kemudian diikuti oleh permintaan lebih kecil
Contoh
: Menawarkan produk yang mahal terlebih dahulu, kemudian menawarkan produk yang
lebih murah
·
Prinsip
Resiprositas (Respority)
Yaitu
tehnik meningkatkan kepatuhan konsumen atas perimintaan pemasar dengan lebih
dahulu menawarkan orang bersangkutan sejumlah hadiah atau sample produk
Contoh
: Memberikan sample produk gratis, mencicipi produk, test drive dan sebagainya
·
Peran
Komitmen ( Committement)
Komitmen
yang dipegang secara konsisten akan meningkatkan jumlah pembelian.
Komitmen
yang tertulis akan dapat meningkatkan konsistensi dalam bertransaksi
Perusahaan
penjualan door to door telah menemukan keajaiban komitmen tertulis. Mereka
dapat mengurangi tingkat pembatalan hanya dengan meminta pelanggan mengisi
formulir perjanjian penjualan (sebagai tanda jadi)
·
Pelabelan
(Labelling)
Melibatkan
pelekatan semacam gambaran pada seseorang, seperti `Anda Baik Hati`Label diduga
menyebabkan orang memandang diri mereka dengan cara yang diisyaratkan oleh
labelnya. Pelabelan dapat digunakan oleh pemasar intuk menarik hati calin
konsumen, sehingga pembelian terjadiPemasar pakaian dapat mengatakan, `Anda
orang tua yang penuh perhatian.` di saat menawarkan pakaian untuk anak orang
tersebut.
·
Insentif
(Insentif)
Insetif
merupakan jaaran luas alat-alat promosi, seperti korting harga, undian, rabat,
kontes, dan ku[on. Insentif biasanya mewakili komponen penting dari keseluruhan
strategi promosi produk
Contoh:
Mainan anak pada produk makanan anak, cairan pewangi pada produk detergen dan
sebagainya
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar